Otomotif

Sejarah Mitsubishi
Galant/Eterna/Lancer

Presented By
LDGI Chapter Sukabumi and idMOC Chapter Sukabumi

Mitsubishi Lancer

Lancer adalah merk dagang yang dipergunakan oleh Mitsubishi Motors yang dirancang sebagai mobil keluarga, di Indonesia mobil sedan Lancer ini diperdagangkan secara resmi oleh PT, Krama Yuda Tiga Berlian Motor (atau lebih dikenal dengan sebutan KTB), berawal pada tahun 1981, mobil ini dipersiapkan untuk mengincar pangsa pasar anak muda (pada jaman itu) dengan konsep mobil kecil.

Awal terlahirnya Lancer adalah tipe SL dipersenjatai mesin 1400cc dengan penggerak roda belakang (RWD : Rear Whell Driver), berteknologi Silent Shaft dengan 5 tingkat transmisi kecepatan, sukses menggoyang "rival" terkuat dari keluarga Toyota yakni Corolla DX, hingga pada akhirnya Corolla DX mengalami 3 kali minor facelift dan berakhir pada tahun 1984.

Berlanjut ke generasi Lancer Sedan dan Hatchback, perbedaan antara sedan dan hatchback hanya pada indikator-nya saja, mode speed digital tersedia pada varian hatchback, sedangkan mesin pada keduanya tetap sama, yakni 1500cc. Generasi Lancer ini diklaim "gagal" meraih pasar, sehingga keberadaannya terlihat jarang.

Pertama kali diproduksi pada tahun 1987, dengan nama Lancer Dan-Gan, diluncurkan pertama kali dengan mesin 1600cc SOHC (Karburator), mengalami minor facelift perubahan pada sektor Exterior, dijejali "Fully New Engine" 1600cc DOHC (Injeksi) dengan trim GTi, awal mula pengenalan mesin dari keluarga 4G (Basis Mesin Lancer Evolution, diluncurkan berbarengan dengan Lancer Le-Dan Gan pada tahun 1993), GTi 1.6 ini memiliki kode mesin 4G61 pada tahun 1989 hingga pada pertengahan tahun 1991, bersaing ketat dengan Toyota Corolla Twin Cam dan berhasil melibasnya dijalanan yang pada saat itu belum mengadopsi sistem bahan bakar injeksi, hingga pada akhirnya Toyota mengeluarkan seri Twin Cam GTi kemudian berhasil mengalahkan GTi Lancer milik Tiga Berlian tersebut sampai bungkam, pada tahun yang sama (1991) Dan Gan meluncurkan lagi mesin baru berkode 4G67 berkapasitas silinder lebih besar (1800cc), trim GTi ini mengalami facelift pada tahun 1993 (kita mengenalnya dengan Lancer model EVO 3), Lancer Dan Gan sendiri terbagi-bagi menjadi beberapa class sebagai berikut :
  1. Lancer Dan Gan Hatchback (kode mesin 4G13, mesin berkapasitas 1300cc Injeksi) <-- tidak diproduksi untuk Indonesia.
  2. Lancer Dan Gan GLX (bermesin 1600cc SOHC Karburator pada tahun 1987, mengalami minor facelift menjadi 1600cc DOHC pada tahun 1989 s.d pertengahan tahun 1991).
  3. Lancer Dan Gan GLX (bermesin 1500cc SOHC Karburator, dengan kode 4G15)
  4. Lancer Dan Gan GTi (bermesin 1600cc DOHC Injeksi, minor facelift dari 1600cc SOHC Karburator)
  5. Lancer Dan Gan GTi (bermesin 1800cc DOHC, upgrade mesin dari 4G61 ke 4G67, dengan sistem bahan bakar Injeksi)
  6. Lancer Dan Gan (tdk diketahui trim-nya), pada saat browsing di google muncul Lancer Dan Gan dengan sebutan Mirage, bermesin 2000cc, entah menggunakan kode mesin mana, sampai saat ini penulis belum mengetahui, diduga mobil ini sudah menggunakan Turbo Intercooler utk membantu meningkat performa sebagai "setan jalanan". <-- tidak diproduksi di Indonesia
Nampang dikit, Dan Gan GTi 1.8 punya ane nih :D


All Dan Gan Varian, pada kumpul di LDGI

All Mitsubishi varian pada kumpul di idMOC

-- gambar menyusul :D --

Mitsubishi Lancer Dan Gan (Mirage) 2000cc w/ Turbo Intercooler


Unknown Lancer Dan Gan (2 Pintu)

Lancer Le-Dan Gan (known as Lancer Model EVO 3 trim GTi), dikenal juga dengan sebutan CB5


Jeroan mesin Standard Lancer CB5 (trim GTi, model EVO 3)

Lancer CB5, w/ Lancer EVO 3 Bodykit Original

Jeroan Mesin Lancer CB5, w/Turbo Intercooler

The Real Evolution 4 Lancer (mobil impianku selama-nya) :D

Yang paling menarik dari produk-produk Mitsubishi adalah kisaran tahun 1990 s.d tahun 1996, mobil-mobil keluaran mitsubishi memiliki banyak jenis, dari yang jinak sampai dengan yang paling garang, tetapi kembali lagi kepada selera konsumen yang mempertimbangkan antara masalah kecepatan dan konsumsi bbm, akan tetapi pada rentang tahun tersebut Indonesia mengalami "kemakmuran" :D yang diantaranya harga bensin tidak melonjak seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan cara yang sopan, tulis komentar dengan kalimat yang jelas sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), hindari penggunaan kata-kata yang disingkat tidak sesuai EYD. Segala bentuk komentar yang bersifat SARA tidak akan kami "APPROVED", berkomplain lah dengan cara yang baik, anda juga bisa melakukan tawar menawar melalui komentar ini.

Terima Kasih